5 Daftar Gunung Tertinggi di Indonesia

5 Daftar Gunung Tertinggi di Indonesia – Ketinggian dan Letaknya

Inilah 5 Daftar Gunung Tertinggi di Indonesia Yang sudah Kami Rangkum.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, gunung merupakan bukit yang sangat besar dan tinggi, dimana tingginya bisa melebihi 600 meter.

Secara umum, gunung dapat diartikan sebagai bagian dari permukaan bumi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan wilayah sekitarnya.

Mount Everest merupakan gunung tertinggi di dunia, dimana gunung tersebut memiliki ketinggian sekitar 8.850 mdpl.

Indonesia yang merupakan negara kepulauan pun memiliki banyak sekali gunung, beberapa diantaranya adalah gunung berapi yang masih aktif.

Lalu gunung apa saja yang merupakan gunung tertinggi di indonesia ini? Berikut ini daftarnya.

1.Cartenzs Pyramid di Papua (4.884 mdpl)

Cartenzs Pyramid di Papua

Cartenzs Pyramid atau yang sering dikenal dengan nama Puncak Jaya merupakan barisan dari pegunungan Sudirman yang membentang di Papua, tepatnya di Kabupaten Puncak Jaya.

Gunung yang memiliki ketinggian 4.884 mdpl ini merupakan gunung yang tertinggi di Indonesia dan sekaligus menjadi salah satu seven summit di dunia.

Salah satu keunikan yang dimiliki gunung Cartenzs Pyramid atau puncak Jaya ini adalah terdapatnya gletser atau padang salju yang tidak dimiliki oleh gunung-gunung lainnya di Indonesia.

2.Gunung Puncak Mandala (4.760 mdpl)

Gunung Puncak Mandala

Gunung teringgi nomor 2 di Indonesia masih berada di Pulau Papua Nugini, yaitu gunung Puncak Mandala yang merupakan jajaran dari pegunungan Jayawijaya.

Gunung ini tepat terletak di Kabupaten Pegunungan Bintang dengan koordinat  letak 4°42’31”LU dan 140°17’21”BT. Nama lain dari gunung ini adalah Juliana Top atau Puncak Juliana yang terkenal di masa penjajahan Belanda.

Gunung yang memiliki ketinggian 4.670 mdpl dahulunya juga memiliki puncak yang tertutp oleh salju, namun seiring dengan terjadinya pemanasan global, maka akhirnya salju-salju tersebut menghilang.

3.Gunung Puncak Trikora (4.750 mdpl)

Gunung Puncak Trikora

Selanjutnya ada Gunung Puncak Trikora  yang memiliki nama lain gunung Wilhelmina yang berada di Papua Barat.

Dengan ketinggian mencapai 4.750 mdpl atau 15.584 kaki, gunung ini memiliki beberapa kawasan hutan seperti hutan Montane, hutan Dipterokarp Bukit, Hutan Ericaceous, dan hutan Dipterokarp Atas.

Pendakian yang pernah dilakukan di gunung ini adalah pendakian yang dilakukan oleh Ricky Munday pada bulan Desember 2010, akan tetapi tidak mencapai puncak.

Titik awal pendakian gunung ini adalah di kota Dani di Lembah Baliem Wamena.

4.Gunung Rinjani (3.726 mdpl)

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani terletak di pulau Lombok, tepatnya di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Koordinat titik letaknya adalah di 8°25’S 116°28’E. Gunung Rinjani adalah gunung berapi tertinggi nomor dua di Indonesia yang masih aktif.

Letusan terakhir gunung ini terjadi pada tahun 2009-2010. Ketinggian gunung ini mencapai 3.726 mdpl atau sekitar 12.224 kaki.

Di gunung ini terdapat danau kawah yang cukup indah dengan air yang berwarna biru.

Danau kawah tersebut berada sekitar 2.000 mdpl atau sekitar 6000 kaki dan  di beri nama Segara anakan.

Untuk melakukan pendakian gunung ini, biasanya para pendaki diarahkan untuk memilih jalur termudah yaitu dari senaru.

5.Gunung Semeru (3.676 mdpl)

Gunung Semeru

Gunung Semeru ini tepatnya berada di dua Kabupaten di Jawa Timur, yaitu Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang dan masuk ke dalam wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Secara Geografis, gunung Semeru terletak di antara 8°6’28.8” LS dan 112°55’12”BT. Ketinggian dari gunung ini adalah 3.676 mdpl atau sekitar 12.060 kaki.

Gunung tertinggi di Jawa ini memiliki puncak yang terkenal dengan sebutan Mahameru dan kawah puncak yang bernama Jongring Saloko.

Letusan terakhir gunung Semeru terjadi pada tahun 2008.

Kawasan Gunung Semeru saat ini telah menjadi kawasan yang ramai dikunjungi, terutama bagi para pendaki gunung yang ingin melihat keindahan alam di gunung tersebut.

Untuk melakukan pendakian, rute termudah yang bisa dipilih oleh para pendaki adalah di Tumpang, Kabupaten Malang.

Untuk menuju ke puncak gunung, para pendaki akan disuguhi pemandangan indah seperti hutan Cemara, hutan Pinus, Danau Ranu kumbolo, padang rumput Oro-oro Ombo, perbukitan yang ditumbuhi bunga Edelweis, dan aneka panorama lainnya.

Nah, itulah 5 Gunung tertinggi di Indonesia, sebenarnya masih banyak lagi berbagai gunung yang ada di Indonesia dengan berbagai ketinggian dan fenomena yang menakjubkan.

 

geo outbound

Outbound Bandung Geo Adventure Indonesia adalah sebuah provider penyedia jasa outbound lembang, outbound bandung dan tempat lainnya Yang melayani kegiatan outdoor activity maupun indoor. Kami siap menyediakan segala kebutuhan anda mulai dari Perencanaan ( Plan ), Konsep, Persiapan ( preparation ), Pelaksanaan, Hingga proses Check Out. Selain itu kami juga siap menyediakan beragam fasilitas yang anda butuhkan untuk melaksanakan gathering outbound lembang, outbound bandung dan tempat lainnya,diantaranya meliputi Sarana Transportasi, Akomodasi ( Hotel, Villa, Resort, Camping Ground, Home Stay, Barak dan Villa ) , food and beverage ( Restaurant, Catering, Snack, Barbeque ), Dan jasa dokumentasi seperti Photo dan Video yang siap mengabadikan moment berharga bersama rekan anda. Office : 022 278 5484 Sambas : 0813 2099 3237 Eggo : 0811 2342 700 Email : infogeoadventure@yahoo.co.id Address: Jalan Sukanagara No. 160 RT. 06 RW. 04 Pagerwangi, Lembang, Bandung Jawa Barat, Indonesia 40391